Pengurusan ISO Yang Penting Untuk Meningkatkan Kualitas Perusahaan Anda

The International Organization for Standardization (ISO) adalah sebuah Organisasi Internasional untuk Standardisasi yang sangat penting keberadaannya berikut dengan adanya jasa konsultan ISO yang banyak dibutuhkan di dalam bidang industrial. Ada banyak sekali jenis ISO yang bisa dikantongi oleh perusahaannya, seperti ISO 45001. ISO menjadi hal yang sangat penting karena hal ini berkaitan untuk bisa meningkatkan perdagangan antar negara-negara yang ada di dunia. Sehingga, cakupannya pun sangat lah luas. Dengan adanya organisasi ISO ini lah maka, perdagangan internasional akan bisa berjalan dengan baik dan lancar berkat organisasi tersebut yang telah memfasilitasinya.

Dengan demikian, jika Anda menjumpai  produk, brand, maupun perusahaan yang telah memiliki sertifikasi ISO, maka peluangnya akan lebih besar di dalam menjalankan persaingan pasar global. Yang mana diketahui pasar global bukan lah pasar yang ringan untuk dilalui. Di sini lah bertumpuknya para kompetitor yang sama-sama saling unjuk kebolehan dengan brand-nya masing-masing. Biaya dan jasa ISO yang tersedia, akan sangat membantu Anda ketika akan melakukan pengurusan mengenai ISO di perusahaan Anda.

Manfaat Apa Yang Bisa Didapatkan Dengan Adanya ISO?

Dengan melakukan pengurusan ISO, hal tersebut tidak akan memberikan kerugian pada Anda. Justru, dengan adanya ISO, maka perusahaan Anda akan bisa berkembang lebih pesat. Bahkan setiap perusahaan akan berlomba-lomba untuk bisa dengan segera mengurus ISO tersebut sehingga dapat dengan cepat merasakan segudang manfaatnya untuk perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat oleh perusahaan Anda ketika mempunyai ISO.

  1. Bisa Meningkatkan Kredibilitas Pada Perusahaan

Adanya kredibilitas ini menjadi sangat penting adanya, khususnya pada sebuah perusahaan. Di mana kredibilitas ini memiliki hubungan yang erat dengan bagaimana persepsi konsumen pada perusahaan Anda. Sehingga, kredibilitas yang baik adalah yang dapat membuat pandangan konsumen akan produk dari perusahaan Anda menjadi pandangan yang positif. Dan kemudian konsumen akan merasa tertarik dengan produk Anda lalu kemudian membeli produk tersebut. Dan dengan adanya sistem manajemen mutu yang terstandar secara internasional seperti ISO akan mampu untuk menjamin kredibilitas dari perusahaan Anda. Dengan begitu lah Anda pun akan mendapatkan kepuasan dari konsumen.

  • Adanya Jaminan Kualitas Yang Berstandar Internasional

Setiap perusahaan tentu menginginkan untuk bisa melakukan pengurusan sertifikat ISO. Mengingat betapa pentingnya ISO ini yang akan bisa menguntungkan sebuah perusahaan. Namun, untuk melakukan pengurusannya bukan lah hal yang sederhana. Di mana perusahaan tersebut harus melewati adanya siklus PDCA. Plan-Do-Check-Action atau yang disingkat dengan nama PDCA ini merupakan suatu proses untuk memecahkan masalah dengan menggunakan langkah-langkah yang secara umum digunakan pada pengendalian kualitas guna untuk mencapai peningkatan di dalam perusahaan tersebut.

Siklus PDCA sendiri telah ditetapkan pada berbagai jenis industri. Yang mana nantinya akan dilakukan identifikasi, analisis, dan eksekusi terhadap suatu permasalahan yang bisa menjamin mutu dengan standar internasional.

  • Memberikan Citra Yang Baik Pada Perusahaan

Hal ini lah yang otomatis akan bisa dirasakan oleh setiap perusahaan. Di mana dengan memiliki ISO, maka akan ampuh untuk meningkatkan citra dari perusahaan agar menjadi lebih baik lagi. Apalagi saat ini Anda bisa dengan mudah untuk menjumpai adanya jasa konsultasi ISO yang bisa memberikan Anda jawaban atas segala hal yang belum Anda ketahui mengenai ISO. Dengan menggunakan jasa konsultan ISO, maka Anda pun akan lebih memahami jika akan melakukan pengurusan pada pembuatan ISO.

  • Lebih Bisa Menghemat Biaya

Bagi perusahaan yang telah menerapkan ISO, maka hal tersebut sekaligus juga menerapkan sistem manajemen khusus yang bisa membantu dalam mengetahui kinerja dari perusahaan tersebut. Jika diketahui adanya kinerja dari perusahaan yang mengalami penurunan, maka akan ada upaya untuk bisa mengantisipasi yang bisa dengan segara untuk dilakukan. Dengan begitu, hal tersebut akan bisa mencegah agar perusahaan bisa segera melakukan evaluasi dan pembenahan akan kemunduran dari kinerjanya tersebut.

Dengan adanya proses tersebut, maka hal itu juga akan bisa untuk mencegah adanya pemborosan anggaran yang berkaitan dengan kinerja dan juga produk yang buruk dari perusahaan. Karena tentu saja sebuah perusahaan harus bisa mengelola anggaran keuangan perusahaan dengan sebaik-baiknya. Mengingat betapa banyak kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan ke depannya.

  • Bisa Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Di dalam sebuah perusahaan, keberadaan karyawan sangat berperan penting untuk bisa turut serta mendukung perkembangan dari perusahaan tempatnya bekerja. Berdasarkan pada prinsip manajemen mutu, maka seluruh standar yang ditetapkan agar dapat dilaksanakan oleh seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Mengingat bahwa dengan adanya ISO, maka perusahaan mau tidak mau akan naik ke level pasar yang lebih tinggi. Dan di pasar yang lebih luas tersebut, perusahaan akan bertemu dengan kompetitor-kompetitor yang hebat.

Hal ini sekaligus dapat menjadi motivasi bagi para karyawan untuk terus konsisten dalam menjaga performa dan kualitas kerjanya, efisiensi, serta produktivitas yang sesuai dengan standar ISO yang telah ditetapkan. Dengan begitulah, perusahaan akan bisa bersaing dengan para kompetitornya.

Jenis-Jenis ISO Yang Biasa Digunakan

Ada banyak sekali jenis dari ISO yang bisa Anda sesuaikan dengan kegunaannya. Misalkan saja ISO 9001, 14001 yang telah banyak digunakan. Berikut adalah beberapa jenis ISO yang perlu untuk Anda ketahui.

  1. ISO 9001

ISO 9001 ini memiliki karakteristik dengan melakukan pendekatan proses yang bertujuan untuk bisa meningkatkan efektivitas dari manajemen kualitas. Dan ISO 9001 ini merupakan jenis ISO yang paling banyak dipilih dan digunakan.

  • ISO 14001

ISO jenis ini berhubungan dengan sistem manajemen lingkungan. Di mana dalam pengurusannya, akan ada beberapa aspek yang seharusnya dipenuhi untuk bisa mendapatkan ISO 14001. Aspek tersebut meliputi, penghematan energi, penghematan air, penghematan bahan bakar, dan juga pengelolaan limbah.

  • ISO 22000

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan, tentu ISO 22000 ini lah yang akan dibutuhkan untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen akan kualitas dari makanan tersebut. ISO jenis ini berhubungan dengan sistem manajemen pangan dan tentu saja akan ditujukan kepada sektor makanan dan minuman. Oleh karena itu, produk yang akan mendapatkan ISO ini perlu untuk memiliki proses dan rencana kontrol. Agar Anda bisa memilikinya, maka Anda bisa menggunakan jasa pengurusan ISO yang akan membantu Anda.

  • ISP/IEC 27001

Melihat saat ini teknologi berkembang dengan pesatnya, maka kehadiran dari ISP/IEC 27001 ini sebagai standar sistem manajemen keamanan informasi. Di mana standar ini akan diterapkan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi TI dan sejenisnya.

  • ISO TS 16949

Untuk ISO jenis ini ditujukan untuk spesifikasi teknikal, yakni berupa sistem manajemen mutu yang ada di bidang industri otomotif, seperti mobil dan motor. Di mana konsep yang diterapkan di dalam standar ISO TS 16949 adalah berupa perbaikan berkelanjutan, pengendalian rantai pemasok, dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan dan perbaikan.

  • ISO/IEC 17025

ISO/IEC 17025 yakni berupa standar yang berkaitan dengan laboratorium maupun lembaga pengujian. Di mana standar ini memiliki tujuan untuk bisa memastikan adanya keakuratan yang dihasilkan dari pengujian yang ada di bidang kesehatan, produksi, perdagangan, dan juga perlindungan.

  • ISO 28000

Jenis ISO ini memiliki standar yang berkaitan dengan sistem keamanan pada rantai pasokan bagi perusahaan yang memiliki risiko tinggi. Misalnya saja seperti bank, hotel, pertambangan, dan sebagainya.

  • ISO 5001

ISO 5001 memiliki standar yang diterapkan untuk sistem manajemen energi, yang mana agar perusahaan yang mengurusnya bisa memiliki sistem untuk dapat meningkatkan kinerja, efisiensi, dan konsumsi energi.

Tips Memilih Jasa Konsultan ISO Yang Terbaik Dan Terpercaya

ISO bukanlah hal yang main-main dan sederhana. Di mana ISO berkaitan erat dengan masa depan sebuah perusahaan yang mengurusnya. Oleh karena itu, di dalam memilih jasa konsultan ISO pun harus dilakukan dengan cermat dan bisa mendapatkan jasa konsultan ISO yang terbaik dan terpercaya. Dengan begitu, proses pengembangan dari perusahaan Anda pun dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih jasa konsultan ISO yang terbaik dan terpercaya.

  1. Portofolio Jasa Konsultan ISO

Portofolio yang dimiliki oleh jasa konsultan ISO perlu sekali untuk Anda lihat dan periksa dengan baik. Dengan melihat portofolio, hal tersebut akan bisa menepis setiap keraguan Anda pada jasa tersebut dan mantap untuk menjalin kerja sama. Karena ketika Anda memilih jasa konsultan ISO, Anda juga harus bisa mengetahui keunggulan dan manfaat yang bisa didapatkan jika bekerja sama dengan jasa tersebut.

  • Pilihlah Jasa Yang Legal

Pengecekan legalitas pada jasa konsultan ISO yang Anda pilih sangat lah penting. Karena jika jasa tersebut tidak mengantongi legalitas, maka kualitas dari jasa tersebut pun patut untuk Anda ragukan. Jadi, sebaiknya Anda mengurungkan diri untuk menggunakan jasa konsultan ISO yang tidak memiliki legalitas demi mencegah Anda dari kerugian.

  • Periksa Pengalaman Dari Penyedia Jasa

Melakukan pemeriksaan pada pengalaman yang dimiliki oleh penyedia jasa juga tidak kalah penting. Karena jika penyedia jasa sudah memiliki pengalaman yang banyak, maka jasa tersebut juga telah banyak mengurusi klien dengan berbagai macam karakter. Dengan begitu, ketika jasa konsultan ISO tersebut bekerja sama dengan Anda, maka Anda akan terhindar dari hal-hal yang bisa membuat Anda kecewa.

  • Mengecek Harga

Setiap jasa konsultan ISO tentu memiliki tarif yang berbeda-beda. Oleh karena itu, agar tidak merugikan perusahaan karena memilih jasa yang tidak berkualitas namun harganya yang cukup mahal, Anda perlu untuk mengeceknya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama. Anda bisa mencari jasa konsultan ISO yang memasang harga standar dan juga mempunyai kualitas yang baik.

  • Jangan Lupa Untuk Memeriksa Testimoni

Keberadaan testimoni ini sangatlah penting dan jangan sampai terlewatkan oleh Anda. Karena dengan adanya testimoni, Anda akan bisa memberikan penilaian pada kualitas jasa konsultan ISO tersebut. Apakah banyak yang merasa puas atau banyak yang merasa kecewa. Jika banyak klien yang memberikan respons positif, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilihnya. Namun, jika lebih dominan respons negatif, maka lebih baik untuk mencari jasa konsultan ISO yang lain.

  • Membandingkan Pelayanan

Pelayanan adalah bagian terpenting ketika Anda menggunakan sebuah jasa atau ketika Anda sedang melakukan pembelian di suatu tempat. Karena dengan pelayanan yang baik, maka hal tersebut dapat membuktikan bahwa penyedia jasa sangat menghormati dan menghargai klien-nya dengan baik juga. Dan hal tersebut juga berdampak pada performa kerja yang diberikan oleh jasa tersebut. Anda bisa membandingkan antara penyedia jasa yang satu dengan yang lainnya.

Dengan membandingkan, maka Anda akan bisa memiliki gambaran akan jasa konsultan ISO tersebut. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan, lakukan perbandingan dan pilihlah jasa konsultan ISO yang bisa bertanggung jawab. Dengan begitu Anda akan merasa aman dan nyaman bekerja sama dengan penyedia jasa tersebut.

Bagaimana Tata Cara Mengurus ISO?

Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan jasa pembuatan ISO murah yang akan membantu Anda. Namun, di dalam proses pembuatannya bukanlah proses yang sederhana karena ada beberapa persyaratan yang seharusnya dipenuhi. Karena bagi perusahaan yang telah mengantongi ISO tentu akan menjadi perusahaan yang dipercaya oleh konsumen dan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut adalah berkualitas dan berkompeten.

Persyaratan Yang Dibutuhkan Untuk Mengurus ISO

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebagai persyaratan untuk melakukan pengurusan ISO.

  1. Akta pendirian dan akta perubahan dari perusahaan yang disertai dengan SK Menkumham
  2. Domisili Perusahaan
  3. Nilai Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan
  4. Surat Izin Usaha
  5. Tanda Daftar Perusahaan

Tata Cara Mengurus ISO

Dan berikut ini adalah beberapa tata cara mengurus ISO melalui jasa pengurusan ISO.

  1. Sebelum Anda mengurusnya, pastikan bahwa perusahaan Anda telah memenuhi syarat beroperasi selama kurang lebih 3 bulan. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka jasa ISO tidak akan bisa membantu Anda.
  2. Pastikan jika perusahaan telah aktif untuk mempelajari buku panduan ISO yang telah diterbitkan. Hal ini tentunya untuk lebih memahami terkait ISO.
  3. Perusahaan perlu untuk membuat Working Group yang tersusun dari para karyawan perusahaan. Di mana mereka akan bertugas di dalam meningkatkan kualitas SDM.
  4. Selanjutnya adalah dengan menetapkan waktu untuk pelaksanaan trining yang berupa trining Dokumentasi, Awareness, dan Internal Audit sebagai tahap awal untuk berkontak langsung dengan konsultan ISO.
  5. Jasa ISO murah dan cepat yang Anda pilih akan membantu Anda untuk mempelajari dan menerapkan sistem manajemen dengan baik.
  6. Selanjutnya adalah pelaksanaan penandatanganan kontrak dengan jasa ISO. Dan dengan begitu, Anda bisa memiliki sertifikat ISO. Tentunya kesepakatan yang terjalin ini memiliki kebijakan yang telah mengatur.
  7. Sebagai bentuk evaluasi dari kinerja perusahaan, maka diperlukan adanya analisi pada sistem manajemen sebelum dan sesudah diterapkannya ISO
  8. Sebagai bagian dari langkah untuk menganalisis, maka perlu untuk dilakukan pembandingan terhadap sistem manajemen sebelum dan sesudah adanya konsultan ISO.
  9. Agar semakin bisa menunjang perusahaan, maka karyawan perlu untuk mengantongi Sertfikat Keahlian dan Sertifikat Keterampilan.
  10. Perusahaan perlu melakukan audit secara internal untuk bisa menilai atas kinerja perusahaan ketika berada dalam pengawasan konsultan ISO.
  11. Dari adanya audit inilah yang akan bisa mengeluarkan sertifikat ISO untuk perusahaan.

Bagaimana Cara Mengiklankan Sertifikasi ISO Di Luar Perusahaan?

Agar sertifikasi ISO yang sudah dimiliki oleh perusahaan dapat diketahui secara luas dan perusahaan bisa dengan segera memperluas pasarannya, maka berikut ini adalah caranya.

  1. Pendistribusian Ke Media

Adanya pengumuman pers perlu untuk dilakukan pendistribusian ke beberapa media, seperti media lokal, buletin, majalah industri, dan sebagainya. Hal tersebut sebagai upaya untuk menginformasikan bahwa sistem manajemen perusahaan sudah disertifikasi.

  • Mengirim Email Ke Konsumen Dan Pemasok

Perusahaan bisa melakukan pengiriman pesan melalui email yang dikirimkan kepada para konsumennya dan juga pemasok di perusahaan Anda yang menyatakan bahwa perusahaan telah disertifikasi. Atau bisa juga dengan menyelenggarakan sebuah acara yang telah diatur sedemikian rupa sebagai bentuk perayaan atas apa yang telah dicapai oleh perusahaan.

  • Pengumuman Disampaikan Melalui Media Sosial

Peran media sosial yang memberikan pengaruh besar pada masyarakat jangan sampai dilupakan. Manfaatkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya untuk mengumumkan pencapaian tersebut.

  • Pengumuman Pada Kendaraan Perusahaan

Biasanya setiap perusahaan akan memiliki kendaraan khusus perusahaan yang digunakan sebagai sarana transportasi untuk urusan perusahaan. Kendaraan tersebut bisa dimanfaatkan dengan memasang pengumuman mengenai didapatkannya sertifikasi.

  • Penggunaan Logo Sertifikat ISO

Karena sudah mengantongi sertifikat ISO, maka logo ISO pun bisa digunakan oleh perusahaan untuk beriklan. Yakni dengan turut mencantumkan logo sertifikat ISO yang berasal dari Badan Sertifikasi di bagian kop surat maupun pada kartu nama perusahaan.

Kesalahan Yang Sering Dialami Saat Mengiklankan Sertifikasi ISO

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika mengiklankan sertifikasi ISO dan hal tersebut jarang sekali untuk disadari.

  1. Tidak Menyebutkan Ruang Lingkup Sertifikasi

Jika diperlukan, maka di saat melakukan iklan akan penting sekali untuk menyebutkan ruang lingkup dari sertifikasi tersebut.

  • Info Yang Tidak Spesifik Tentang ISO

Diketahui bahwa jenis ISO banyak sekali. Namun, tidak sedikit perusahaan yang melakukan iklan sertifikasi ISO dengan hanya menyebutkan “Sertifikasi ISO” saja. Perlu sekali untuk memberikan info yang spesifik akan sertifikasi ISO tersebut. Misalkan saja seperti ISO 9001:2015 atau ISO 14001: 2015. Dengan begitu, info sertifikasi ISO pun akan lebih jelas ketika disampaikan kepada publik.

  • Logo Sertifikasi Yang Diletakkan Pada Produk

Cara ini tidak bisa dilakukan, yakni dengan meletakkan logo sertifikasi ISO pada produk yang dimiliki oleh perusahaan. Karena sertifikat ISO tersebut hanya dapat berlaku yang diperuntukkan pada sistem manajemen organisasi saja. Bukan pada suatu produk maupun layanan yang ditawarkan.

Dengan memiliki ISO untuk perusahaan, tentu hal ini akan membuka peluang yang sangat besar bagi perusahaan untuk terus meningkatkan kualitasnya. Apalagi dengan adanya jasa konsultan ISO yang siap untuk membantu Anda di dalam memberikan petunjuk untuk menerapkan sistem manajemen di perusahaan Anda.

Leave a comment

Name
E-mail
Comment

I accept the Privacy Policy

Open chat
Via Whatsapp
Ada yang bisa kami bantu?