4 Tips Memilih Jasa Konsultan dan Pembuatan ISO Murah dan Terpercaya

Dalam membangun sebuah sistem manajemen ISO, tentu Anda sudah sepenuhnya sadar bahwa Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Di sinilah peran jasa konsultan ISO dibutuhkan. Akan tetapi, bagaimana caranya Anda bisa menemukan bukan hanya jasa pembuatan ISO murah, tapi yang juga profesional dan terpercaya, ya?

Untuk membantu Anda dalam mewujudkan sistem manajemen ISO yang efisien dengan bantuan konsultan dan pembuatan ISO, simak tips yang sudah disiapkan berikut ini khusus untuk Anda. Selamat membaca!

Pilih yang Berpengalaman

Seperti yang pasti sudah Anda ketahui dengan sangat baik, masing-masing sektor atau bidang industri memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Karena itu, Anda juga perlu pertimbangkan bagaimana konsultan dan jasa pembuatan ISO murah menangani klien yang bergelut di sektor industri yang sama dengan perusahaan Anda. Alasan inilah yang membuat pengalaman dari sebuah layanan konsultan ISO jadi sangat signifikan, apalagi jika jasa konsultan tersebut memang benar-benar sudah memiliki jam terbang yang tinggi dan relevan dalam bidangnya.

Pastikan Legalitasnya

Untuk mencegah risiko tertipu oleh layanan konsultan ISO abal-abal dengan kualitas yang sangat buruk, Anda perlu pastikan terlebih dahulu kejelasan status jasa konsultan tersebut, apakah sudah legal alias resmi, atau malah belum. Tentunya, jasa konsultan spesialis ISO yang sudah benar-benar legal akan didukung oleh tim ahli yang profesional dengan kompetensi berkualitas. Dengan demikian, layanan yang akan Anda terima pun bisa dijamin kualitasnya juga.

Jangan Nilai Hanya dari Harganya

Memang benar bahwa Anda perlu waspada dengan jasa konsultan spesialis ISO yang mematok harga jasanya terlalu murah. Akan tetapi, di satu sisi jasa konsultan yang masih baru, freelance, atau masih berskala kecil memang akan mematok harga yang lebih murah dibandingkan perusahaan konsultan ISO berskala besar. Karena itu, jika Anda menemukan rekomendasi konsultan ISO dengan harga yang relatif murah, Anda tak perlu buru-buru mencapnya sebagai jasa yang meragukan. Cek dulu pengalaman, timnya, kompetensi tim, dan berbagai faktor-faktor penting lain yang lebih penting sebelum memutuskan.

Rekomendasi dari Klien Lain

Tips lain yang dapat Anda jadikan tambahan pertimbangan ketika memilih jasa pembuatan ISO murah adalah rekomendasi atau referensi dari klien lain. Apabila Anda mendapatkan rekomendasi, bisa dikatakan bahwa jasa konsultan spesialis ISO tersebut memang benar-benar berkualitas dan layak untuk Anda pilih. Sebab, tidak mungkin orang lain akan bersedia merekomendasikan sebuah perusahaan penyedia jasa jika dia memiliki pengalaman buruk, kan? Apalagi jika yang merekomendasikan adalah orang yang bisa Anda percaya. Hanya saja, pastikan bahwa Anda juga tetap mengecek pengalaman dan profil tim terlebih dahulu sebelum membuat keputusan, ya!

Nah, itulah 4 tips sederhana memilih layanan konsultan dan pembuatan ISO murah, tapi tetap profesional.

2.         sertifikasi ISO

Apa Saja Jenis-Jenis Standar Sertifikasi ISO?

The International Organization for Standardization atau ISO merupakan badan standar dunia yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan kualitas kegiatan perdagangan di seluruh dunia. Hingga saat ini, organisasi yang berpusat di Swiss ini telah menerbitkan beragam jenis sertifikasi ISO dengan sertifikasi yang beragam dan dapat diterapkan secara global, termasuk di Indonesia.

Lalu, apa saja ya jenis-jenis standar ISO? Simak daftar dan ulasannya berikut ini!

ISO 9001

ISO 9001 merupakan sistem manajemen mutu yang paling populer di dunia, sehingga tak heran kalau banyak jasa konsultan ISO yang berspesialisasi di sertifikasi yang satu ini. Standar ISO yang satu ini punya ciri proses pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen mutu/kualitas (quality management).

ISO/IEC 17025

Sementara itu, jenis sertifikasi ISO yang satu ini diterapkan pada beragam lembaga pengujian, misalnya laboratorium medis. Untuk standar ini, sasaran dan fokus utamanya adalah kompetensi dari laboratorium kalibrasi dan pengujian. Tujuannya adalah untuk menjamin akurasi (ketepatan) hasil pengujian untuk berbagai bidang, seperti produksi, kesehatan, perdagangan, bahkan hingga perlindungan konsumen.

ISO 28000

ISO 28000 diterapkan pada sistem keamanan supply chain atau rantai pasokan. Penerapan standar ISO yang satu ini diperlukan untuk perusahaan-perusahaan dengan risiko ancaman yang tinggi, misalnya bank, fasilitas umum, hotel, dan pertambangan.

ISO 5001

Sementara itu, ISO 5001 merupakan standar ISO yang diimplementasikan secara spesifik pada sistem manajemen energi. Tujuan dari penerapan standar ISO 5001 ini adalah untuk membantu sebuah perusahaan membangun proses dan sistem guna mencapai peningkatan konsumsi energi, performa atau kinerja, hingga efisiensi. Dalam standar ISO 5001, desainnya pun dibuat agar dapat diintegrasikan ke dalam standar manajemen yang lain, misalnya ISO 9001.

ISO 14001

Standar ISO 14001 merupakan standar yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan. Sertifikasi standar yang satu ini mengharuskan sebuah perusahaan agar bisa mengidentifikasi apa saja aspek maupun dampak yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas operasional bisnis hariannya terhadap lingkungan. ISO 14001 juga mewajibkan perusahaan untuk memenuhi sejumlah aspek yang jadi fokus utamanya, seperti penghematan penggunaan bahan bakar, pengelolaan limbah dalam bentuk apapun – misal cair dan padat – penggunaan dan penghematan air, maupun penghematan sumber energi lainnya.

ISO 22000

ISO 22000 merupakan standar yang berkaitan dengan sistem manajemen keamanan pangan dan diterapkan pada perusahaan yang bergerak di industri makanan dan/atau minuman. Dalam standar ini, perusahaan dituntut agar bisa memenuhi aspek keselamatan dan kesehatan konsumen, sehingga berakibat pada kontrol internal yang ketat, terutama pada proses produksi.

ISO/IEC 27001

Standar ini merupakan standar untuk sistem manajemen keamanan informasi, atau Information Security Management System (ISMS). Penerapan sertifikasi ISO ini dilakukan di perusahaan yang bergerak di sektor IT, aplikasi, dan sejenisnya.

ISO TS 16949

Sedangkan ISO TS 16949 adalah spesifikasi teknik keluaran ISO yang diperuntukkan bagi sistem manajemen mutu di sektor otomotif. Dalam standar ini, terdapat konsep perbaikan yang sifatnya berkelanjutan, kontrol rantai pasokan, hingga tindakan pencegahan maupun perbaikan.

3.         ISO 9001,14001

ISO 9001 dan ISO 14001, Apa Bedanya?

ISO 9001, 14001 serta OHSAS 18001 merupakan istilah yang sangat umum ditemukan di sektor kesehatan, keamanan, dan lingkungan (health, safety, and environment atau HSE). Kalau begitu, apa yang dimaksud dengan ketiga standar atau sertifikasi tersebut, ya?

Untuk pembahasan kali ini, ulasannya akan fokus pada ISO 9001 dan ISO 14001. Jadi, tanpa menunda-nunda lagi, mari simak penjelasan mengenai kedua standar ISO yang penting di bidang HSE ini dulu, yuk! Selamat membaca!

ISO 9001 sebagai Standar Mutu atau Kualitas

Seiring dengan meningkatnya persaingan di dunia industri saat ini, bahkan secara global atau dalam lingkup internasional, mutu atau kualitas menjadi sebuah aspek yang makin disadari kegunaan serta tujuannya. Yang pada mulanya istilah “mutu” atau “kualitas” merupakan kata yng bersifat netral, keduanya saat ini lebih sering digunakan untuk maksud atau makna yang positif.

Masyarakat sebagai pelanggan saat ini menjadi semakin kritis dalam menilai mutu suatu produk – barang maupun jasa – yang mendorong perusahaan agar selalu meningkatkan mutunya secara menyeluruh. Nah, dalam memenuhi kebutuhan tersebut, ISO 9001 hadir sebagai standar yang menjadi salah satu syarat penting di dunia bisnis sebagai jaminan bahwa produk hingga layanan yang dimiliki sebuah perusahaan sudah benar-benar bermutu atau berkualitas. Bahkan, standar tersebut juga telah menjadi syarat mutlak yang diminta oleh para pelanggan di negara-negara maju, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa.

ISO 9001 merupakan standar internasional untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yang bersifat global. Dengan SMM, terdapat rerangka kerja dan seperangkat prinsip dasar dengan pendekatan manajemen yang nyata untuk diterapkan dalam aktivitas sehari-hari perusahaan. Jika sebuah perusahaan telah memenuhi akreditasi ISO, perusahaan tersebut pun dianggap sudah memenuhi persyaratan manajemen penjaminan mutu produk yang dihasilkan secara internasional.

ISO 14001

Salah satu dampak signifikan yang diakibatkan oleh perkembangan dan revolusi industri adalah dampak terhadap lingkungan. Karena perusakan atau pencemaran lingkungan yang luar biasa sebagai dampak dari aktivitas industri, beragam organisasi dan perusahaan pun dituntut agar mampu meningkatkan tanggung jawabnya terhadap pelestarian lingkungan.

Karena alasan inilah International Organization for Standardization yang merilis ISO, termasuk ISO 9001, 14001, merumuskan dan mengeluarkan standar untuk tata kelola lingkungan di dalam industri dan organisasi secara profesional, yang kemudian dinamai sebagai Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 pada tahun 1996.

Bukan hanya itu saja, masyarakat sebagai konsumen juga sekarang semakin menyadari pentingnya bisnis yang mampu memenuhi standar pelestarian lingkungan demi menjaga bumi di masa depan. ISO 14001 sendiri tidak seumum atau segeneral ISO 9001 karena ISO 14001 hanya dibatasi pada bidang teknik lingkungan, termasuk yang berkaitan dengan aspek ergonomi. Sementara itu, ISO 9001 bisa ditemui di bidang apapun sehingga sifatnya lebih umum.

Jadi, apakah bisnis Anda membutuhkan ISO 9001 saja atau keduanya, yaitu ISO 9001, 14001? Apabila Anda merasa ragu dengan jawabannya, manfaatkan jasa konsultan ISO untuk membantu Anda menentukan apa standar ISO yang sesuai dengan bisnis Anda!

4. Pengurusan Sertifikat ISO

Pengurusan Sertifikat ISO

Dalam membuat produk-produknya, baik itu produk berupa barang ataupun jasa, maka akan diperlukan adanya suatu standar mutu tertentu, sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa dalam standar yang baik dalam ukuran maupun kualitas juga pelayanannya untuk suatu harga produk yang sama. Standar tersebut perlu dipenuhi untuk mendapat pengakuan atau sertifikasi. Terdapat banyak perusahaan yang masih kesulitan dalam pengurusan sertifikat ISO.

Apa itu ISO

Sering kali orang salah mengira bahwa ISO merupakan singkatan dari International Organization for Standardization, padahal ISO itu sama sekali bukan merupakan suatu singkatan, kata ISO itu berasal dari kata Yunani, yakni isos, yang memiliki arti sebagai sama atau equal. Hal ini merujuk pada maksud agar produk perusahaan yang berstandar ISO itu haruslah selalu sama, atau memiliki standar mutu tertentu sehingga tiap hasil produknya selalu sama dari waktu ke waktu. Jadi ISO adalah merupakan suatu organisasi Internasional yang dengan secara khusus bergerak dalam bidang standarisasi, skalanya internasional dan dijadikan rujukan dan acuan di seluruh dunia.

Manfaat Sertifikat ISO

Dengan diraihnya sertifikat ISO maka akan didapat beberapa manfaat sebagai berikut.

Perusahaan otomatis akan terpacu untuk berjalan dan dikelola dengan secara lebih baik dan meningkat kualitasnya.

Perusahaan akan dikelola dengan secara lebih efektif dan efisien.

Perusahaan akan berjalan dengan secara lebih optimal.

Omzet akan meningkat.

Pendapatan dan penerimaan perusahaan akan bisa meningkat dan menjadi lebih maksimal.

Tingkat kepercayaan konsumen dan pelanggan akan meningkat.

Diketahuinya berbagai permasalahan yang ada lalu bisa segera dicari dan diberi solusi pemecahan permasalahannya dengan cepat dan tepat agar masalah tidak menjadi bom waktu yang bisa meledak sewaktu-waktu jadi makin membesar dan semakin parah.

Menurunnya tingkat kebocoran dan pembengkakan biaya yang tak perlu.

Pemanfaatan bahan baku bisa lebih efektif dan efisien serta lebih optimal.

Bisa melakukan penghematan di berbagai bidang dan di berbagai lini perusahaan dalam jangka lebih panjang.

Kesehatan dan keselamatan serta kesejahteraan karyawan meningkat.

Tingkat kepuasan kerja meningkat, motivasi kerja SDM (Sumber Daya Manusia) juga makin meningkat.

Efisiensi kerja dan efisiensi SDM meningkat.

Ketrampilan dan keahlian kerja SDM meningkat.

Produksi meningkat.

Rasio biaya produksi menurun secara signifikan.

Mesin dapat bekerja dengan secara lebih optimal dan berjalan lancar serta lebih awet dan bertahan lama.

Penggunaan bahan bakar atau energi lebih efisien dan efektif, bisa dihemat.

Perusahaan bisa lebih ramah lingkungan.

Dapat lebih mengidentifikasi kebutuhan pasar dengan lebih tepat dan membidik pasar dengan lebih jitu.

Meningkatnya image dan citra perusahaan.

Perusahaan mendapat pengakuan secara internasional telah dikelola dengan secara baik dan profesional.

Perusahaan mampu lebih bersaing hingga ke tingkat internasional.

Terbukanya pangsa pasar baru yang lebih luas.

Dan lain sebagainya.

Pengurusan Sertifikat ISO serahkan saja kepada jasa konsultan ISO yang akan siap membantu dan mendampingi.

5. Iso murah dan cepat

ISO Murah dan Cepat

Bagi perusahaan yang sedang tahap berusaha mendapatkan sertifikat ISO guna meningkatkan pendapatan dan juga berbenah diri agar bisa berjalan lebih efisien dan efektif, berproduksi secara lebih optimal maupun ingin memperluas pangsa pasar dan ingin lebih bisa bersaing, menembus pasar internasional dan ingin mendapat pengakuan atas berbagai prestasi yang telah dicapainya dan lain sebagainya maka menghubungi jasa konsultasi ISO. Sebenarnya sertifikasi ISO itu tidak semahal dan selama yang dikira selama ini untuk mendapatkannya, sepanjang kondisi perusahaan telah siap maka bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan sertifikat ISO tersebut, karena lalu menjadi seperti tinggal mendapat legalisasi dan pengesahan saja atas prestasi perusahaan yang telah dicapai dan telah dijalani sehari-hari, yang membuat jadi mahal dan lama itu adalah jika perusahaan masih perlu melakukan banyak pembenahan dan dalam kondisi belum siap untuk menerima sertifikat ISO tersebut. Lagipula seberapapun biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikat ISO tersebut sebenarnya tetap murah karena perusahaan akan berada dalam kondisi yang lebih baik yang berujung pada meningkatnya revenue atau pendapatan dan penerimaan akibat naiknya omzet dan juga biaya bisa lebih efisien dan efektif maka laba atau return perusahaan pun bisa meningkat dan menjadi lebih maksimal. Perlu diketahui bahwa terdapat banyak jenis sertifikasi ISO tersebut. Antara lain ialah sebagai berikut.

ISO 9001

Yakni ISO terkait dengan sistem manajemen mutu atau kualitas. Sertifikat ISO 9001 akan diberikan pada perusahaan yang telah mampu berproduksi, baik berupa barang maupun jasa, dengan standar yang baik dan juga bagus pula manajemen pengelolaannya. Perusahaan dikelola dengan secara efektif dan efisien serta secara optimal.

ISO 14001

Lalu ada juga ISO 14001 yang merupakan standar terkait dengan sistem manajemen lingkungan perusahaan. Terdapat sejumlah aspek yang harus dipenuhi dalam standar tertentu guna mendapatkan sertifikatnya, yakni antara lain meliputi pengelolaan limbahnya, dan aspek penghematan energi, juga aspek penghematan air, serta aspek penghematan bahan bakarnya dan lain sebagainya.

ISO 22000

Kemudian ada ISO 22000 yang terkait dengan standar mengenai sistem manajemen keamanan pangan. Standar tersebut ditujukan terutama bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor makanan dan minuman, yang telah mampu berjalan dengan baik, memiliki internal kontrol yang berjalan dengan lancar dan menghasilkan produk pangan yang memenuhi standar pemenuhan gizi dan kebersihan atau higienis dan juga pemenuhan standar kesehatan serta dikelola dengan baik.

ISP/IEC 27001

Yakni standar sistem manajemen keamanan informasi ataupun Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI). Standar ini banyak diterapkan untuk perusahaan-perusahaan yang erat kaitannya dengan bidang aplikasi TI dan sejenisnya, yang telah memenuhi standar dan mampu untuk menjaga informasi data yang masuk dari kebocoran dan penyalahgunaan data. Dengan dimilikinya sertifikasi pada bidang sistem informasi ini maka tingkat kepercayaan konsumen atau klien atau nasabah akan meningkat dan merasa aman serta nyaman dalam bertransaksi.

ISO 450001

Yakni terkait dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3

Dan lain sebagainya.

ISO murah dan cepat bisa didapatkan pada jasa konsultan ISO.

6. Jasa Konsultasi Iso

Jasa Konsultasi ISO

Jasa Konsultasi ISO akan sangat membantu dalam mendapatkan sertifikasi ISO. Penuhi saran-sarannya dan terbuka kemukakan kondisi terkini serta berbagai kendala yang dihadapi, konsultan ISO akan memberikan saran-saran untuk solusinya. Dalam era persaingan ketat seperti saat ini ISO sangat diperlukan  guna menunjukkan bahwa produk barang maupun jasa yang dihasilkan telah memenuhi standard mutu internasional.

Apa itu ISO

ISO kerapkali dikira sebagai suatu singkatan dengan kepanjangan International Organization for Standardization, padahal ISO itu sama sekali bukanlah merupakan suatu kependekan atau singkatan. Kata ISO itu asalnya ialah dari bahasa Yunani, yakni kata isos, yang mempunyai arti sebagai equal atau sama. Kata tersebut merujuk pada suatu tujuan dan maksud yaitu agar produk perusahaan yang telah berstandar ISO itu harus selalu sama, atau mempunyai standar mutu tertentu sehingga hasil dari setiap produknya adalah selalu sama dari waktu ke waktu dan memenuhi standar. ISO merupakan suatu organisasi Internasional yang secara khusus bergerak di bidang standarisasi, berskala internasional serta menjadi rujukan juga sebagai acuan di seluruh belahan dunia. Organisasi internasional ISO tersebut akan mengeluarkan sertifikat ISO untuk berbagai produk  baik itu berupa barang atau jasa  yang telah memenuhi standar ISO.

Peran Konsultan ISO

Dalam upaya mendapatkan sertifikasi ISO maka konsultan ISO akan membantu dalam hal-hal berikut ini.

Menjelaskan mengenai ISO dan berbagai jenis serta manfaatnya bagi perusahaan, yakni ada ISO 9001 tentang manajemen kualitas, ISO 14001 tentang manajemen lingkungan, ISO 45001 tentang K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja, ISO 27001 terkait Keamanan Sistem Informasi dan lain sebagainya kepada seluruh elemen perusahaan, baik dari hingga level bawah.

Melakukan audit intern, guna pembenahan manajemen dan sistem serta prosedur produksi.

Memberi saran solusi untuk pemecahan berbagai permasalahan dalam perusahaan yang ada.

Mempersiapkan perusahaan dan segenap jajarannya agar siap dan dapat menjalani proses audit eksternal guna mendapatkan sertifikat ISO.

Hingga membantu menjaga terpeliharanya sistem manajemen perusahaan pasca diraihnya sertifikat ISO.

Dan lain sebagainya.

Mengapa Konsultan ISO Penting

Konsultan ISO diperlukan karena sering kali yang mampu melihat permasalahan yang ada di dalam perusahaan adalah pihak luar yang netral dan tidak subyektif serta bisa memandang segala sesuatunya dengan secara obyektif dan lebih jelas serta dari kacamata seorang pakar atau ahli yang berpengalaman.

Pentingnya Sertifikat ISO

ISO sebagai lembaga berskala internasional yang independen akan mengeluarkan sertifikat ISO kepada perusahaan-perusahaan yang telah memiliki dan memenuhi standar dengan baik dan berkualitas. Dengan diraihnya sertifikat ISO maka akan menambah kredibilitas perusahaan selain itu secara ke dalam maka perusahaan juga akan bisa menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga pada akhirnya akan mendatangkan return atau penerimaan dan laba yang lebih tinggi dan tercapainya misi dan visi tujuan perusahaan.

Hubungi saja jasa konsultan ISO untuk mendapatkan sertifikat ISO.

7. Biaya Dan Jasa Iso

Apa Itu ISO dan Bagaimana dengan Biayanya?

Kita sering mendengar istilah atau nama sertifikat ISO di dalam dunia bisnis. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sertifikasi ISO? Lalu berapa biaya dari sertifikat tersebut? Adakah jasa konsultan ISO yang bagus? Nah, untuk mengetahui dengan lebih jelas, berikut akan di bahas tentang hal-hal tersebut. Di bawah ini ulasan dari biaya dan Jasa ISO. Simak ya!

Pengertian ISO

ISO merupakan singkatan dari International Organization for Standardization. ISO memiliki arti yaitu salah satu standar internasional di dalam suatu sistem manajemen yang berfungsi sebagai pengukuran mutu dari organisasi. ISO memegang peranan yang penting dalam mengukur kredibilitas perusahaan yang ingin atau akan bersaing secara global serta juga merupakan salah satu cara guna meningkatkan sistem manajemen mutu. Perusahaan atau bisnis yang memiliki sertifikat ISO biasanya akan memiliki kemungkinan yang lebih untuk memenangkan kompetisi di pasar. Itu karena adanya jaminan kualitas produk maupun jasa yang ditawarkan, lalu juga kepercayaan dari konsumen tentang brand yang terkait.

Biaya Sertifikasi ISO

Untuk perusahaan yang memiliki keinginan untuk menerapkan sistem manajemen yang berbasis ISO haruslah mengetahui tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikasi ISO. Setiap badan sertifikasi mempunyai harga atau biaya yang berbeda dalam pengurusan ISO. Biasanya biaya dan Jasa ISO atau biaya yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Skope Sertifikasi

Merupakan ruang lingkup penerapan dari sistem manajemen yang akan di audit seperti site, kantor, workshop, dan beberapa hal lainnya. Semakin besar lingkup dari penerapan sistem manajemen maka biaya juga akan berbeda. Perusahaan harus menentukan sendiri lingkup dari sertifikasi yang sesuai dengan tujuan dari diperolehnya sertifikasi.

  • Jumlah dari Karyawan

Dalam sistem manajemen mutu di ISO 9001 biasanya hanya akan menghitung jumlah karyawan tetap oleh badan sertifikasi. Tapi, untuk sistem manajemen lain biasanya akan dihitung keseluruhan karyawannya. Semakin banyak karyawan ataupun divisi maka akan semakin banyak juga proses audit yang dilakukan.

  • Jumlah dari Mandays

Waktu dari audit dan juga jumlah auditor dapat berpengaruh pada biaya dari sertifikasi. Biasanya harga mandays sudah ditetapkan oleh badan sertifikasi sendiri.

  • Lokasi dari Perusahaan

Lokasi atau jarak dari perusahaan yang akan dilakukan audit ternyata juga akan mempengaruhi biaya dari sertifikasi, apalagi jika perusahaan berada di luar daerah. Perusahaan harus menanggung biaya akomodasi dari auditor serta tiket transportasinya, selain itu perusahaan juga harus menambah mandays perjalanan auditor.

  • Durasi Surveilance

Ada beberapa badan sertifikasi yang melakukan surveilance bervariasi. Beberapa ada yang enam bulan sekali namun ada juga yang satu tahun sekali guna melakukan audit ulang atau peninjauan.

Demikian pembahasan tentang biaya dan Jasa ISO yang perlu diketahui sebelum memutuskan menggunakan badan sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat ISO. Pilihlah badan sertifikasi yang sudah banyak melakukan audit dan profesional karena biasanya akan lebih terpercaya.

8. Pengurusan ISO

Bagaimana Cara Pengurusan ISO

Mengingat bagaimana pentingnya sertifikat ISO untuk perusahaan yang ingin bersaing secara global, kita perlu tahu bagaimana cara pengurusan ISO yang tepat. Namun sebelum itu, kita sebaiknya mengetahui tentang penting-nya ISO terlebih dahulu. Berikut adalah pembahasannya:

Pentingnya Sertifikasi ISO

  1. Untuk Meningkatkan Kredibilitas dari Perusahaan

Menerapkan sistem manajemen mutu dalam perusahaan akan juga dapat meningkatkan kredibilitasnya. Kredibilitas di sini maksudnya adalah suatu kendali proses serta prosedur pada sebuah perusahaan untuk memastikan jika terdapat hal yang tidak beres makan akan dilakukan antisipasi dengan cepat.

  • Untuk Menghemat Biaya

Standar ISO memungkinkan untuk suatu perusahaan menerapkan sistem manajemen yang khusus dan akan membantu dalam mengetahui kinerja dari perusahaan yang menyeluruh. Apabila ada indikasi produk gagak ataupun kinerja dari perusahaan yang menurun maka dengan cepat akan dilakukan antisipasi. Dengan begitu secara tidak langsung ini dapat mencegah terjadinya pemborosan anggaran yang terkait dengan produk atau kinerja buruk itu.

  • Untuk Membuat Kinerja Karyawan Lebih Optimal

Prinsip manajemen mutu diterapkan untuk diikuti dan dilaksanakan untuk semua karyawan. Tentunya hal itu akan memacu kerja karyawan untuk tetap berkualitas, efisien dan produktif sesuai dengan standar ISO yang sudah ditetapkan.

  • Image Perusahaan Meningkat

Perusahaan yang telah mendapatkan ISO akan mendapatkan image atau brand yang lebih positif. Maka tidak heran jika banyak perusahaan yang berlomba mendapatkan sertifikat ISO.

Cara Mendapatkan atau Pengurusan ISO

Ada beberapa cara untuk mendapatkan sertifikat ISO atau pengurusan ISO 9001 atau ISO 14001 yang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Berikut ini adalah cara-cara tersebut:

  1. Membuat Komitmen

Pemimpin dari organisasi atau perusahaan harus dapat menetapkan sistem manajemen ISO serta memastikan jika standar yang dipilih sudah tepat bagi perusahaan. Untuk memiliki sertifikat ISO, perusahaan atau organisasi harus minimal beroperasi selama 3 bulan. Itu supaya perusahaan dapat memiliki proses di tempat yang dapat menjadi bahan penilaian konsultan ISO

  • Membentuk Tim ISO

Perusahaan harus menentukan SDM untuk menjadi anggota yang bekerja dalam pelaksanaan sertifikasi ISO. Tim minimal terdiri dari dua orang dari setiap divisi.

  • Melaksanakan Training

Training ISO sangat bermanfaat untuk menambah wawasan ataupun memberikan rasa percaya diri bagi karyawan yang baru mengetahui tentang hal ini. Meskipun sudah berpengalaman juga, training ISO akan memastikan Anda mendapat hasil yang lebih maksimal.

  • Menggunakan Jasa Konsultan ISO

Agar mengurus sertifikasi ISO lebih mudah, perusahaan harus menggunakan jasa dari konsultan ISO yang terbaik supaya mengerti langkah-langkah yang jelas, bagaimana syarat yang harus dipenuhi serta hal-hal lainnya. Menggunakan jasa tersebut akan membuat persiapan sertifikasi ISO sebuah perusahaan berjalan lebih lancar.

Itulah beberapa cara mendapatkan atau pengurusan ISO yang cukup mudah. Masih ada beberapa cara lain yang perlu diketahui seperti memilih badan sertifikasi ISO, melakukan gap analisis serta membuat dokumen ISO, mengimplementasikan sistem ISO, melakukan audit secara internal, dan audit dari sertifikasi ISO. Mempunyai sertifikat ISO untuk sebuah perusahaan akan lebih meningkatkan kepercayaan dari konsumen.

9. ISO 45001

Apa Itu ISO 45001 dan Apa Saja Manfaat dari Penerapannya?

Seperti yang diketahui jika sertifikasi ISO sangat penting untuk sebuah perusahaan. Sertifikat ISO pun ada beberapa macamnya, salah satu contohnya adalah ISO 45001. Namun, apa pengertian dari sertifikat tersebut? Lalu bagaimana manfaat dari penerapannya? Berikut adalah pembahasan singkatnya:

Pengertian dari ISO 45001

ISO ini merupakan sebuah standar internasional yang dimana menentukan persyaratan sistem manajemen kesehatan serta keselamatan kerja atau OH&S, dengan panduan dari penggunaannya. Ini sangat memungkinkan untuk sebuah perusahaan atau organisasi untuk memperbaiki kinerja dari K3 dengan cara proaktif dalam upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kerja serta dampak buruk untuk kesehatan. ISO ini untuk diterapkan di sebuah perusahaan atau organisasi tanpa harus memperhatikan jenis, ukuran dan sifatnya.

Manfaat dari Penerapan ISO 45001

Ada beberapa manfaat dari penerapan ISO 45001 ini. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut:

  1. Untuk mengembangkan serta menerapkan sistem manajemen guna mengurangi dan meminimalkan kecelakaan kerja maupun sakit karena kerja.
  2. Sistem manajemen K3 yang berbasis ISO satu ini akan sangat memungkinkan untuk sebuah perusahaan atau organisasi memperbaiki kinerjanya
  3. Untuk membangun proses yang sistematis dan terkait dengan K3 yang mempertimbangkan konteks serta juga memperhitungkan risiko maupun peluang serta persyaratan hukum dan yang lainnya
  4. Untuk menentukan bahaya serta risiko yang terkait aktivitas serta berusaha untuk bisa menghilangkannya atau paling tidak melakukan kontrol guna meminimalkan dampak yang potensial dari bahaya dan risikonya
  5. Untuk menetapkan pengendalian dari operasional guna untuk mengelola risiko K3 serta persyaratan dan yang lainnya
  6. Untuk meningkatkan kesadaran dari risiko K3
  7. Untuk mengevaluasi kinerja K3 serta berusaha memperbaikinya dengan tindakan yang tepat
  8. Untuk memastikan jika pekerja memiliki peran yang aktif di dalam masalah K3
  9. Untuk memaksimalkan efisiensi dan juga efektivitas perkerja serta alat dengan cara mengurangi downtime akibat sakit atau cedera karena kerja
  10. Untuk memenuhi persyaratan dari tender dan yang lainnya
  11. Untuk membuka pasar yang baru terutama untuk kustomer yang memberikan persyaratan K3
  12. Untuk mengurangi semua biaya akibat sebuah insiden
  13. Untuk meningkatkan kepatuhan pada peraturan serta perundangan dan juga untuk mencegah permasalahan yang dapat ditimbulkan
  14. Untuk mengurangi biaya premi dari asuransi
  15. Untuk mengurangi downtime serta biaya dari gangguan operasional
  16. Untuk mengurangi ketidakhadiran dari karyawan atau pekerja

Itulah pengertian dari ISO 45001 serta manfaat apabila menerapkannya dengan tepat. Untuk mendapatkan sertifikat yang satu ini sebuah perusahaan atau organisasi sebaiknya apabila ingin menggunakan jasa ISO, haruslah memilih jasa konsultan ISO yang sudah terpercaya dan berpengalaman. Cari tahu dengan detail dan betul-betul tentang seluk-beluk dari badan sertifikasi yang akan digunakan agar tidak menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan ke depannya nanti.

10. Jasa Pengurusan ISO

Tips Dalam Memilih Jasa Pengurusan ISO yang Tepat

Dalam mengurus sertifikat ISO untuk sebuah perusahaan atau organisasi tentu tidak boleh asal begitu saja. Perusahaan tersebut harus mempersiapkan segala persyaratan dan juga hal lain yang dibutuhkan dengan matang. Pun perusahaan atau organisasi harus memilih badan sertifikasi atau jasa pengurusan ISO yang tepat dan benar-benar profesional. Untuk itu, sangat perlu untuk mengetahui bagaimana memilih jasa pengurusan atau badan sertifikasi atau jasa konsultan ISO tersebut. Berikut adalah beberapa tips itu:

Cara atau Tips Memilih Jasa Pengurusan ISO yang Bagus

  1. Memiliki Pengalaman

Tips pertama dalam memilih badan sertifikasi yang bagus adalah sudah memiliki banyak pengalaman dalam pembuatan sertifikat ISO. Tidak hanya itu carilah juga yang memiliki pekerja yang sudah profesional karena akan berpengaruh pada kepuasan perusahaan Anda dalam menggunakan jasa mereka.

  • Memiliki Surat Resmi atau Legalitas

Sebuah jasa pengurusan ISO yang baik adalah yang memiliki legalitas jelas. Jasa ISO yang sudah memiliki surat resmi biasanya di dalamnya berisi pekerja yang profesional dan juga memiliki segudang pengalaman.

  • Sangat Responsif

Pilihlah jasa ISO yang responsif. Maksudnya adalah jasa dapat dengan mudah untuk dihubungi apabila Anda dan perusahaan sedang membutuhkannya atau dapat menyelesaikan masalah yang ada. Perusahaan haruslah teliti memilih jasa yang responsif dan dapat memberikan arahan secara jelas.

  • Mencari Banyak Referensi

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah jasa ISO tentunya Anda harus mencari beberapa referensi baik dari internet ataupun orang lain. Hal itu untuk Anda dapat membandingkan jasa-jasa ISO tersebut dan menentukan jasa mana yang terbaik.

  • Pilih yang Banyak Direkomendasikan

Biasanya sebuah jasa yang bagus akan banyak direkomendasikan oleh orang lain. Cari tahulah dari orang-orang sekitar Anda atau pelanggan sebelumnya tentang jasa ISO mana yang bagus untuk digunakan oleh perusahaan Anda.

  • Pertimbangkan Biaya

Biaya yang ditawarkan sebuah jasa ISO juga dapat menjadi tolak ukur. Biasanya jika sebuah jasa sudah profesional akan memiliki harga yang tinggi namun berbanding lurus dengan kualitas kerjanya. Tapi, bukan berarti jika sebuah jasa ISO yang murah tidak memiliki kualitas bagus. Anda harus tetap cermat dalam memilih sebuah jasa ISO supaya mendapatkan yang terbaik dan tidak menimbulkan kerugian ke depannya.

  • Pertimbangkan Waktu dari Pembuatan Sertifikat

Proses dalam menerbitkan sertifikat ISO juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jasa tersebut. Biasanya proses penerbitan akan memakan waktu yang cukup lama, nah di sini jasa ISo haruslah mampu memangkas lama waktu tersebut.

Beberapa Jenis Standar ISO

  1. ISO 9001
  2. ISO/1EC 17025
  3. ISO 28000
  4. ISO 5001
  5. ISO 14001
  6. ISO 22000
  7. ISO TS 16949

Demikian pembahasan singkat tentang jasa pengurusan ISO dan beberapa jenis standar ISO yang ada. Perlu diingat jika sebuah jasa yang baik akan memberikan pelayanan yang juga terbaik pada setiap pelanggannya, begitupun badan sertifikasi ISO.

Leave a comment

Name
E-mail
Comment

I accept the Privacy Policy

Open chat
Via Whatsapp
Ada yang bisa kami bantu?